Calon penumpang kereta di Stasiun Cirebon. Foto : Riant Subekti

KOTA CIREBON, PT Kereta Api Indonesia Daop 3 Cirebon memastikan kesiapan penuh dalam menghadapi masa Angkutan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru) yang berlangsung selama 18 hari, dimulai pada 18 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026.

 

Manager Humas KAI Daop 3 Cirebon Muhibbuddin mengatakan, pada periode itu, Daop 3 Cirebon menyediakan total 74.988 tempat duduk untuk perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ).

 

“Lonjakan mobilitas masyarakat pada libur akhir tahun secara konsisten kami antisipasi melalui penambahan kapasitas dan optimalisasi kualitas layanan. Kami berkomitmen untuk menghadirkan perjalanan yang aman, nyaman, dan andal” ujar Muhib.

 

Tiket tersebut terbagi untuk beberapa jenis kereta keberangkatan dari wilayah daop 3 Cirebon dengan jumlah total 4.166 tempat duduk per harinya dengan rincian:

 

KA Gunungjati relasi Cirebon-Gambir sebanyak : 600 tempat duduk

KA Cakrabuana relasi Cirebon-Gambir sebanyak 600 tempat duduk

KA Ranggajati relasi Cirebon-Surabaya Gubeng-Jember sebanyak 538 tempat duduk

KA Cirebon Fakultatif/Tambahin Cirebon-Gambir sebanyak 538 tempat duduk

KA Kaligung relasi Cirebonprujakan-Semarang poncol sebanyak 630 tempat duduk

KA Kaligung relasi Brebes-Semarang poncol sebanyak 1.260 tempat duduk

 

Tarif tiket kereta api komersial selama masa nataru tetap mengacu pada ketentuan Tarif Batas Bawah (TBB) – Tarif Batas Atas (TBA), sementara tiket untuk KA Public Service Obligation (PSO) mematuhi tarif yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

 

Muhibbuddin menyampaikan bahwa hingga Kamis (3 /12 ) telah terjual 23.870 tiket atau 32 % dari total 74.988 tempat duduk yang disediakan. Muhib mengimbau masyarakat untuk segera memesan tiket agar perjalanan libur Nataru lebih nyaman.

 

“KAI mengimbau kepada masyarakat agar jangan lupa merencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi waktu menuju stasiun. Tiket KA Nataru 2025/2026 sudah dapat dipesan sejak 3 November 2025 melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, serta seluruh channel resmi pemesanan tiket,” ujarnya.

 

Muhib juga menjelaskan selama masa posko Nataru, KAI Daop 3 Cirebon mengoperasikan 170 perjalanan kereta api per hari, termasuk 32 perjalanan KA tambahan selama Nataru yang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan. Prediksi pada puncak Angkutan Nataru di Daop 3 Cirebon yaitu pada 4 Januari 2026 dengan volume sebesar 9.423 penumpang.

 

Dari sisi kesiapan armada, Daop 3 Cirebon menyiapkan 14 lokomotif, yang terdiri dari 10 lokomotif seri CC 206 dan 4 lokomotif seri CC 201. Sedangkan untuk kereta, Daop 3 Cirebon menyiapkan 72 unit kereta yang siap beroperasi, meliputi 27 kereta eksekutif, 1 kereta bisnis, 27 kereta ekonomi, 9 kereta makan (kelas 1), 7 kereta pembangkit, dan 1 kereta bagasi. Penggunaan sarana Kereta New Generation Stainless Steel pada Kereta Api Ranggajati juga turut menjadi bentuk strategi peningkatan pelayanan dari Daop 3 Cirebon.

 

Muhib juga menegaskan bahwa seluruh pekerjaan pemeliharaan prasarana terus dilakukan sebelum periode Angkutan Nataru dimulai, termasuk penggantian rel, wesel, bantalan rel, serta pembatasan kecepatan di sejumlah titik yang mengalami penurunan elevasi.

 

“Pemeliharaan ini sangat penting untuk menjamin keselamatan perjalanan dan menjaga ketepatan waktu operasional kereta api, dan dipastikan akan selesai sebelum masa Angkutan Nataru” Ungkapnya.

 

Selain itu, Muhib mengatakan Daop 3 Cirebon juga mempersiapkan pelayanan yang ramah lingkungan dan berkontribusi pada penurunan emisi karbon. Seperti penyediaan Drinking Water Station di Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan, dan Stasiun Jatibarang, penyediaan Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan guna mempercepat proses boarding dan pengurangan kertas, penyediaan loket box tambahan di 7 stasiun wilayah Daop 3 Cirebon, serta sistem pemesanan tiket online yang mudah digunakan dan dapat dilakukan 30 menit sebelum keberangkatan KA.

 

“Dengan seluruh upaya ini, KAI siap memastikan dan memberikan layanan yang aman, nyaman, dan andal bagi seluruh pelanggan,” Tutup Muhib. (Riant Subekti)